Harga Pokok Produk Bersama dan Produk Sampingan
Biaya Bersama (Biaya Overhead Bersama) atau biaya bergabung (Common Cost):
adalah
biaya overhead bersama yang harus dialikasikan ke berbagai departemen baik
dalam perusahaan yang kegiatan produksinya berdasarkan pesanan maupun secara
massa.
Biaya
Produk Bersama (joint Product Cost) atau Biaya Bersama (joint cost)
Adalah biaya yang dikeluarkan sejak
awal bahan baku diolah sampai dengan berbagai macam produk dapat dipisahkan
identitasnya.
Biaya
bersama yang dikeluarkan untuk mengolah Bahan Baku menjadi berbagai macam
produk berupa: 1. Produk Bersama (Joint product)
2. Produk Sampingan (by-product)
3. Produk Sekutu (co-product)
1.Produk
Bersama (Joint product) adalah beberapa produk yang dihasilkan dari suatu rangkaian
proses produksi secara serentak dengan
menggunakan BBB, BTK dan BOP yang sama yang tidak dapat dilacak atau dipisahkan
pada setiap produk dan mempunyai nilai jual atau kuantitas produk relative sama
(Abd Halim)
2.
Produk Sampingan (by-product) adalah produk yang nilai jualnya lebih rendah
yang diproduksi bersama produk lain yang nilai jualnya lebih tinggi.
3.
Produk Sekutu (co-product) adalh dua produk atau lebih yang diproduksi pada
waktu yang bersamaan tetapi tidak dari kegiatan pengolahan yang sama atau tidak
berasal dari BB yang sama. (Sawmill/penggergajian kayu)
Karakteristik Produk Bersama
(Joint product), Produk Sampingan (by-product) dan Produk Sekutu (co-product)
- Ptoduk bersama dan produk sekutu merupakan produk tujuan utama kegiatan produksi
- Harga jual produk bersama dan produk sekutu relatif tinggi dibanding produk sampingan
- Dalam mengolah produk bersama tertentu, produsen tidak d
Ciri Produk Bersama:
1. Mempunyai hubungan fisik yang erat, jika
ada tambahan kuantitas untuk unit produksi yang lain, maka kuantitas produk
yang lain akan bertambah secara proporsional.
2. Nilai produk sama
3. Ada titik pisah/split off masing-masing
jenis produk yang dihasilkan dari BBB, BTK dan BOP yang telah dinikmati
bersama-sama.
4. Setelah Split off produk berdiri sendiri
mungkin langsung dijual atau diproses lebih lanjut untuk mendapatkan produk
yang lebih menguntungkan
- Biaya bersama dan keputusan manajemen
Tujuan alokasi biaya bersama adalah untuk PENGHITUNGAN LABA agar diketahui
kontribusi masing-masing produk bersama terhadap seluruh laba yang diperoleh
perusahaan
- Metode Alokasi Biaya Bersama:
1. Nilai Jual Relatif yaitu salah satu produk
dengan harga jual lebih tinggi.
2. Satuan Fisik yaitu menggunakan koeffisien
fisik, satuan (kg, volume)
3. Rata-rata biaya per satuan yaitu hasil
produksi satuan sama
4. Rata-rata tertimbanga yaitu kuantitas X angka
penimbang
Contoh:
1. PT ”Muha” memproduksi barang A,B dan C
dalam satu proses sehingga mengakibatkan
adanya biaya bersama. Adapun unit yang dihasilkan adalah Produk A sebanyak
20.000 unit B sebanyak 10.000 dan C sebanyak 10.000 dengan total biaya yang
dikeluarkan sebanyak Rp100.000.000. Harga jual ketiga produk saat dipisahkan
adalah: Produk A= Rp2.000, B=Rp20.000 dan C=Rp16.000 Data persediaan akhir
barang tersebut adalah A=2.000, B=6.000 dan C=4.000
Diminta: Hitunglah jumlah biaya bersama
tersebut yang akan dimasukkan dalam
penilaian persediaan akhir masing-masing produk.
a.Metode nilai jual relatif:
b. Metode satuan fisik
c. Metode rata-rata biaya per satuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar